PARAGRAF DESKRIPTIF. ARGUMENTATIF, NARATIF DAN PERSUASIF

Pengertian dan Tujuan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi atau deskriptif adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan untuk melukiskan, menggambarkan, dan memberikan perincian terhadap objek yang dibicarakan tersebut, sehingga seolah-olah pembaca ikut merasakan.
Dapat disimpulkan bahwa Teks deskripsi adalah sebuah teks yang menjelaskan dan menggambarkan sebuah objek melalui teks dengan tujuan pembaca dapat merasakan dan tau betul keadaan objek tersebut hanya dengan membacanya.
Contoh:
Dia memakai rok panjang warna cokelat. Betapa sesuai benar dengan warna blus panjangnya. Rok dan blusnya seakan-akan menambah keanggunan pribadinya. Jalannya sungguh santun memikat hati orang yang memandang

Paragraf argumentatif

paragraf adalah kumpulan dari lebih dari satu kalimat yang memiliki ide pokok pikiran dan informasi untuk mendukung isi karangan secara utuh.

Sedangkan pengertian dari paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang berisi suatu pemaparan berdasarkan bukti, alasan serta suatu contoh dari kejadian nyata yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pembaca sehingga yakin dengan permasalahan tersebut.

Contoh:
Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara online namun pada kenyatannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan dampak positif, ini dibuktikan dengan adanya beberapa tindakan kriminal yang bersumber dari media sosial ini contohnya, misalnya, penculikan, penipuan dan dampak negatif lainnya yang berhasil diungkap oleh kepolisian, oleh karena itu bijak dan selalu berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi ini.


Paragraf Naratif

paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kajadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu.

Ada beberapa pola pengembangan paragraf, antara lain pola deduktif, induktif, sebab akibat, deskriptif, proses, contoh, pertentangan, perbandingan, dan kronologis.

Contoh:
Dialah Cesi Nurbandini. Umur tujuh tahun. Ibunya pengarit rumput, ayahnya kuli bangunan. Mereka tinggal di Dawuran, sebuah desa subur di Plered, Bantul, nun diselatan Yogyakarta. Mrski upah sang ayah kecil, istri dan anaknya bahagia. Cesi punya boneka panda besar.

Paragraf Persuasif
paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca. Paragraf ini disajikan secara menarik, meyakinkan mereka bahwa pengalaman yang disiratkan itu merupakan suatu hal yang amat penting. Karena itu, terkadang paragraf persuasi sering digunakan sebagai paragraf propaganda oleh lembaga kesehatan, pemerintah, dan lain-lain. (Syamsuddin (2009:40))

Contoh :
Kata orang bijak, dengan seni hidup ini menjadi bertambah indah. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, hidup menjadi mudah. Tapi yang membuat kita terarah ya agama. Agama adalah kata kunci dalam kehidupan.

Ketiklah paragraf berikut dengan aplikasi pengolah kata




Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Peta Minda

Operator Matematika